Captive Portal Voucher Pada Sistem Operasi Pfsense



Sistem Captive Portal mungkin sudah kita kenali dengan baik dan merupakan sistem authentikasi yang secure untuk diterapkan. hanya saja masalahnya timbul saat portal itu dibutuhkan tidak untuk periode yang lama seperti halnya user account normal. pada satu kasus, saat user bukan merupakan pelanggan tetap dan hanya akan menggunakan layanan kita untuk beberapa jam saja, maka sistem voucher menjadi salah satu solusi yang tepat.
saya akan cerita tentang captive portal dengan pfsense, nah untuk sistem voucher baru bisa digunakan pada pfsense versi 2.0 keatas. bagi yang masih menggunakan versi dibawah 2.0 bisa melakukan upgrade system. kalau malas upgrade system ya install fresh aja yang versi 2.0 nya, tapi kan repot, hahaha.. nah sistem voucher sendiri di versi 2.0  ada di menu Services–>Captive Portal, disana ada tab menu voucher. tinggal di klik dan ceklis “enable voucher”.
Nah, sekarang gimana cara bikin voucher nya? masih pada halaman yang sama, perhatikan ada tanda tambah di kolom voucher, disana tinggal di klik dan masukkan jumlah menit untuk vocher nya, dan berapa buah voucher yang akan dibuat. setelah dibuat, untuk menampilkan voucher nya bisa di klik di tanda ! di sebelah kanan. semua voucher yang di-generate akan di export ke excel dan langsung didownload. kalau udah gini, ya tinggal pakai aja vouchernya. format voucher contohnya sperti ini :
6UVeTS6II68
kGZ38iBgyx
gWUhfyvWo43
kiViNq31p7b
jLzSQuZMPJa
default sistem voucher yang digunakan adalah enkripsi 32 bit-length, untuk membuat menjadi 64 bit-length bisa kita tambahkan dengan perintah berikut pada console:
$ openssl genrsa 64 > key64.private
$ openssl rsa -pubout < key64.private >key64.public
dan lakukan ulang pembuatan voucher pada web administration nya. sekarang voucher udah siap digunakan. pertanyaanya, di portal nya dimana masukin vouchernya? kita bisa edit lagi halaman html portal nya, dan buat sebuah input sperti ini:
<input name="auth_voucher" type="text">
selesai, sekarang tinggal uji coba, di portalnya masukkan voucher. jangan lupa testing juga kalau vouchernya dimasukin asal2. saran saya, untuk ujicoba buat aja voucher untuk 3 menit dulu, nanti di test kalau memang setelah 3 menit disconnect berarti sistem voucher kita berhasil. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Film Percy Jackson & the Olympians: The Lightning Thief

Konfigurasi Firewall Nat Di pfSense

Operasi Mikro