Operasi Mikro

Operasi Mikro merupakan oprasi atomik dari CPU (Atomic operastion of CPU). Operasi mikro adalah kerja atau eksekusi terhadap data yang tersimpan pada register dan merupakan cara kerjanya dalam satu pulsa clock. Atau peringatan lainya micro operastion adalah suatu operasi mikro dimana suatu computer menajalankan suatu program dan melakukan siklus proses memasukan dan mengambil data atau melakukan eksekusi (fetch/execute cycle).

Bagan dari micro operation:

-Tipe Operasi Mikro 
a. mendefinisikan elemen dasar processor
b. mendiskripsikan operasi mikro yang harus dilakukan processor
c. Menentukan fungsi Control unit yang harus dilakukan Processor

Mikro Operasi dieksekusi bila sinyal control yang sesuai dibuat aktif. Setiap intruksi memerlukan suatu urutan set mikrooperasi yang spesifik. Sinyal-sinyal control diperlukan untuk suatu intruksi dan urutan waktu yang dapat disimpan dalam memori yang disebut memory control.

Memory control adalah sebuah ROM, Dengan cara yang sama, aktivitas yang biasa terjadi dalam Unit control seperti penanganan interupsi, pengambilan instruksi, dan Sebagainya dapat di terjemahkan kedalam memori kontrol.
Sedang Unit control hanya dapat dibaca dari memori control tetapi isinya tidak dimodifikasi. Dalam bentuk sederhana, setiap bit dalam word memori kontrol dapat cadangkan untuk sinyal kontrol, jadi pemindahan bit untuk semua sinyal control dapat dignakan.

Jika bit adalah 1, sinyal telah aktif. Jika bit adalah 0 sinyal control tidak aktif.
Bila suatu Word dibaca/ diambil dari memori kontrol, beberapa bit dapat menajadi 1 dan yang lain 0. Sinyal-sinyal control yang berkenaan dengan 1 dibangkitkan. Jadi mikro oprasi dieksekusi secara simultan.   

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=u90gURiD0co


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Film Percy Jackson & the Olympians: The Lightning Thief

RANCANG BANGUN ROBOT PENGANTAR MAKANAN LINE FOLLOWER

Manajemen Proyek dan Resiko