Bad Design


Membangun sebuah situs web bisa menjadi hal yang cukup rumit. Tantangan pada pembuatan web ini terletak pada fungsionalitas dari apa yang sudah didesain. Salah satu yang menjadi tantangan terbesar yang dihadapi oleh web desainer di era mobile ini adalah membuat desain yang responsive untuk halaman web mereka. Pada umumnya masalah terbesar yang berhubungan dengan perancangan web responsive adalah banyaknya jenis device dengan berbagai ukuran layar. Berikut ini kesalahan yang biasanya terjadi pada saat pembuatan web responsive:
1.      Disable Zoom Option

Mendisablekan pengaturan zoom dan membiarkan dikendalikan secara manual oleh user, itu termasuk hal yang cukup buruk. Nah, hal ini akan membuat user merasa bahwa website tersebut tidak “memanjakan” mereka.

2.      Kurang Mempelajari Kebiasaan User

Untuk membangun sebuah website yang responsive juga harus menganalisis pasar. Dengan melakukan analisis ini, desainer dapat mengetahui dan menentukan langkah awal dalam proses perancangan. Analisis ini juga akan memberi petunjuk mengenai hal mendasar seperti perangkat yang sering user gunakan saat membukan halaman website.

3.      Menggunakan Satu Program Untuk Desain yang Berbeda
Banyak perusahaan yang membuat semua dalam satu program perangkat lunak untuk perancangan. Namun, hal tersebut tidak menjadi solusi yang tepat. Misalnya, platform mobile sering membutuhkan perlakuan khusus. Ketika bekerja dengan iOS, web desainer biasanya menggunakan Kakao dan Xcode sementara membangun sebuah website dari awal tapi itu tidak berarti bahwa ini dapat digunakan untuk semua platform.
4.      Tidak Memperhatikan Masalah Navigasi
Kesalahan dalam pembuatan website yang paling umum terjadi adalah navigasi yang tidak jelas, tata letak bagian web yang berantakan, pengaturan warna yang aneh, dan desain yang tidak selaras dengan tujuan perusahaan. Padalah navigasi yang sederhana dan jelas dapat membantu para pengunjung website mencari apa yang mereka perlukan di website tersebut.
5.      Kurangnya Pengujian
Pengujian. Ini merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan sebelum mempublish situs tersebut ke publik. Setidaknya, pembuat harus menguji arus pengguna di web untuk beberapa browser utama dan juga untuk beberapa perangkat mobile yang populer. Nah, dengan begitu bisa dilihat apakah terjadi banyak miss function pada website tersebut atau tidak. Jika ya, berarti perlu dilakukan perubahan terlebih dahulu.
Itulah beberapa kesalahan yang terjadi pada pembuatan web responsive. Dengan menghindari kesalahan-kesalahan di atas, maka nantinya akan membuat web lebih efisien untuk kepuasan user.
             Pada tampilan design diatas jelas sekali sangat buruk dan tidak enak di pandang jika di lihat secara kasat mata, Karena pada tampilan design tersebut terlalu banyak warna yang digunakan pada setiap backgroundnya. Menurut saya design gambar diatas jelek karena:
1. Tampilan background color nya itu terdapat beberapa warna yang mengakibatkan tidak enak dipandang dan mata pun mudah lelah jika melihatnya secara terus menerus.
2. Pada font tulisannya pun banyak yang tidak stabil, entah itu dari font nya atau font size nya.

Tampilan design itu sebenernya menurut saya mudah untuk di nilai apa design itu baik atau buruk, tetapi design yang baik itu sebenernya berawal dari sebuah design yang enak di pandang. Misalnya jika kita ingin melihat sebuah web jika web tersebut menampilkan design yang bagus mungkin kita akan mencoba memasuki link dari web yang bagus tersebut. Menurut saya tampilan web yang bagus itu bisa berawal dari :
1. Tampilan dari template / background sangat enak di pandang. Dan tidak terlalu banyak menggunakan berbagai macam warna.
2. Pada font pilih 1 font yang biasa di gunakan setiap orang. Misalnya arial, times new roman dan lain-lain. Dan font size nya pun kalau bisa stabil.
3. Apabila ingin membuat design misalnya membuat web, pada designnya kita harus menentukan dahulu apa yang akan di buat. Dan siapakah yang akan membaca web yang kita buat tersebut. Misalnya kita menentukan yang membaca adalah anak-anak maka dalam designnya pun kita harus membuat seperti apa yang disukai anak-anak, entah itu dari tulisannya atau gambarnya yang lucu agar anak-anak yang membacanya pun senang.

Daftar Pustaka : 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Film Percy Jackson & the Olympians: The Lightning Thief

Manajemen Proyek dan Resiko

RANCANG BANGUN ROBOT PENGANTAR MAKANAN LINE FOLLOWER