RANCANG BANGUN ROBOT PENGANTAR MAKANAN LINE FOLLOWER

REVIEW JURNAL
RANCANG BANGUN ROBOT PENGANTAR MAKANAN LINE FOLLOWER
I.                   Pendahuluan
Perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi sejak awal ditemukan hingga saat ini sangatlah pesat. Berbagai kemudahan disajikan untuk menunjang kegiatan sehari-hari manusia. Dahulu manusia berkomunikasi dengan orang-orang yang berada di tempat yang jauh harus menggunakan surat untuk menyampaikan informasi, itupun perlu memerlukan waktu yang cukup lama hingga sampai ditujuan. Selain itu banyak restoran-restoran yang merekrut begitu banyak pegawai agar pekerjaan dalam melayani pembeli dengan cepat, tepat, dan efisien. Namun dari dua ilustrasi tersebut banyak kekurangan yang harus diterima, seperti besarnya biaya yang harus dikeluarkan, waktu yang banyak terbuang, dan tenaga yang banyak terkuras.
      Sejak teknologi berkembang dengan pesat, berbagai kemudahan tersaji dengan cepat, tepat, efisien, dan kualitas yang menjanjikan. Salah satu teknologi yang digunakan adalah robot. Robot saat ini sangat membantu pekerjaan manusia. Robot biasanya dijumpai di kawasan industri otomotif. Namun keberadaan robot kini semakin dekat dengan manusia dalam kegiatan sehari-hari seperti robot yang berada dalam restoran yang berfungsi sebagai pengantar makanan dengan mengikuti jalur yang telah dibuat atau disebut dengan robot line follower.

II.                Tujuan
Robot pengantar makanan line follower ini diharapkan dapat membantu pekerjaan manusia khususnya dibidang penyajian makanan agar pekerjaan lebih cepat, tepat, dan efisien dalam melayani kebutuhan pelanggan dengan mengikuti jalur-jalur yang telah dibuat.

III.             Pembahasan
Dalam perancangan robot pengantar makanan line follower ini memerlukan konsep matang gunamenghasilkan robot yang sesuai tujuan. Dimana pemilihan hardware dan software yang merupakan implementasi sistem makanik dan sistem kontrol pada robot sangat mempengaruhi perancangan robot, sehingga robot menjadi lebih handal dan akurat dalam melewati lintasan dan dalam pengantaran makanan.
Pusat pengontrol dari Robot Pengantar Makanan adalah mikrokontroler ATMEGA 16. Dengan menggunakan DI-Smart AVR System sebagai kit minimum system. PORT-PORT yang digunakan untuk Robot Pengantar Makanan line follower yaitu  PORTD.0 - PORTD.7, VCC dan GND sebagai input sensor proximity  photodioda, PORTB.0 - PORTB.1 sebagai output Relay, PORTB.4, VCC,GND sebagai output modul suara ISD17240, PORTA.0 – PORTA.1, VCC sebagai input PushButton, PORTC.0 – PORTC.3 sebagai output Motor Driver 4A.
Setelah menentukan software dan hardware yang diperlukan, kemudian memulai merancang perangkat – perangkat. DI-SMART AVR SYSTEM merupakan sebuah modul  yang digunakan  untuk jenis AVR ATmega8535(L), ATmega16(L), ATmega32(L), ATmega163(L), ATmega323(L) dengan basis mikrokontroler AVR dan memiliki pemrograman memori melalui ISP (In-System Programming).
Untuk menggerakkan 2 buah motor DC 12 Volt kita memerlukan adanya pengontrol motor DC agar putaran dan kecepatannya bisa dikendalikan dengan teratur. Driver relay adalah bagian kemudi motor DC yang berfungsi membalikan polaritas. Pada robot pengantar makanan ini kita menggunakan 2 relay untuk motor DC dimana 1 relay berfungsi untuk ON/OF dan 1 relay untuk arah putaran motor Sehingga dengan penggunaan driver relay dalam merubah polaritas pada motor DC akan menjadikan robot pengantar makanan line follower ini dapat mendorong makanan.
Robot pengantar makanan Line Follower ini menggunakan sensor Proximity sebagai lintasan yang akan di lalui robot sampai pada tujuan. Sensor  proximity ini memiliki sensitivitas yang tinggi serta output yang dihasilkan berupa pulsa digital dengan logika high  sebesar 5 volt. Sensor ini terdiri dari 4 pasang LED dan photodioda ditempatkan secara menggantung pada bagian bawah kerangka robot, sehingga dapat berhadapan langsung dengan lintasan yang akan dibaca.
Robot pengantar makanan ini menggunakan modul suara ISD17240 yang berfungsi untuk mengeluarkan suara pada saat makanan diletakkan di atas meja. Rangkaian catu daya ini berfungsi untuk mensuplai tegangan ke seluruh komponen pada robot pengantar makanan. Kita menggunakan suplai ke catu daya dari 1 buah baterai Li-po 12 volt, 1.3 Ampere.
Pada rangkaian ini terdapat 4 buah keluaran, yaitu 12 Volt ke mikrokontroller, 12 volt ke driver motor L298N, 12 volt ke relay dan 12 volt ke powerwindow. Keluaran 12 Volt dibutuhkan oleh mikrokontroler, agar bisa sekaligus mensuplai sensor Proximity, pushbutton, dan modul suara ISD17240. Pushbutton digunakan pada robot pengantar makanan sebagai input untuk menentukan meja yang dituju.
Robot pengantar makanan Line follower dirancang untuk mengikuti garis hitam dari titik asal sampai ke meja tujuan. kita melakukan pengkodingan bertujuan untuk memberikan perintah kepada robot sesuai dengan apa yang kita inginkan. Robot akan medeteksi inputan yang berasal dari input PushButton yang berada di meja. Setelah sampai di meja robot akan mengeluarkan suara dan sistem akan berhenti apabila hanya ada satu perintah dari meja. Apabila terdapat lebih dari satu perintah dari meja , robot akan memilih melalui sistem pemilihan meja.

IV.             Hasil
Pada pengujian robot secara keseluruhan  dilakukan pada lintasan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja dari robot tersebut dalam mengantarkan makanan sesuai perintah. Pada percobaan terdapat dua buah inputan yang terdiri dari meja 1 dengan pushButton1 dan meja 2 dengan pushButton2. Ketika pushButton1 ditekan, robot akan menuju ke meja 1 dengan mengikuti jalur hitam yang telah dibuat. Setelah sampai ditujuan robot akan meletakkan makanan yang dibawa dan kembali sesuai jalur yang dilewati sebelumnya.

V.                Kesimpulan
Robot pengantar makanan Line follower dibuat untuk mempermudah dalam penyajian makanan dengan cepat, tepat, dan efisien. Robot ini terdiri dari komponen-komponen hardware dan software. Terdapat dua inputan yaitu pushbutton1 dan pushbutton2 yang masing-masing berada di meja 1 dan meja 2 yang diletakkan di sebelah kanan dan kiri. Ketika pushbutton ditekan, robot akan mengikuti jalur yang berwarna hitam menuju ke meja. Sensor-sensor yang dipakai pada robot akan mendeteksi jalur yang akan dilewatinya. Namun robot belum memakai sensor yang berfungsi sebagai pendeteksi sesuatu yang lewat diantara robot tersebut.

VI.             Daftar pustaka

 Daisy A.N Janis, David Pang, dan J. O. Wuwung. “RANCANG BANGUN ROBOT PENGANTAR MAKANAN LINE FOLLOWER”. e-journal Teknik Elektro dan Komputer. 2014

Kelebihan :
1. Abstrak jelas, sehimgga dengan membaca abstraknya saja pembaca dapat mengetahui hasil dari penelitian tersebut
2. kesimpulan yang dibuat sudah terperinci dan dipaparkan secara jelas
       prosedur penelitian disusun dengan teratur, sehingga mudah untuk dipahami

Kekurangan :
1. Tidak ada respon dari masyrakat tentang hasil dari penelitian tersebut
2. Tidak ada prosentasenya
3. Tidak ada saran untuk penelitian selanjutnya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Film Percy Jackson & the Olympians: The Lightning Thief

Manajemen Proyek dan Resiko